Ensexclopedia, Buku Sehat Menjawab Pertanyaan Anak Seputar Seksualitas

August 24, 2019


Apa teman-teman sudah menonton film Dua Garis Biru?

Sebuah film yang telah ditonton 2,5 juta orang dalam 39 hari penayangannya. Film tersebut bercerita tentang 2 orang anak SMA bernama Dara dan Bima yang kebablasan melakukan hubungan suami istri hingga hamil.

Dalam salah satu adegan, ada bagian Dewi - kakaknya Bima, yang ngomelin adik, “Goblok banget sih lo bisa hamilin anak orang! Makanya itu hape dipake buat googling! Jangan main game terus.” 

Anak-anak sebenarnya sering kali punya pertanyaan-pertanyaan seputaran seksualitas. Bukan sekedar pertanyaan standar darimana seorang bayi lahir, tapi juga banyak hal lain yang mungkin canggung mereka tanyakan kepada dewasa.

Akibat malas bertanya, eh...kebablasan deh melakukan hal-hal yang dilarang agama. Semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang seperti itu ya.

Kebetulan sekali, ketika memenangkan sebuah lomba blog yang diadakan oleh Yayasan Kita dan Buah Hati, saya mendapatkan sebuah buku menarik.

Judulnya Ensexclopedia, Tanya Jawab Masalah Pubertas & Seksualitas Remaja. Buku ini ditulis oleh Bunda Elly Risman, Hilman Al Madani, dan Yuhyina Maisura.

back cover ensexclopedia
Sampul belakang buku Ensexclopedia

Mengapa saya suka sekali buku Ensexclopedia?

Begitu membaca daftar isi dari 10 bab buku setebal 119 halaman ini, saya langsung tahu kalau ini buku yang tepat untuk anak-anak saya.

Kebetulan Raka usianya 12 tahun dan Sasya 9 tahun. Di usia segitu, informasi dari luar bisa jadi bisa masuk ke anak-anak melalui media yang kontennya belum tentu benar.

Nah buku ini saya nilai membantu banyak untuk menjawab keingintahuan terbesar anak-anak mengenai masalah seksualitas.

Buku ini dinarasikan memang untuk anak-anak remaja. Menggunakan bahasa yang ringan tapi jelas dan langsung pada sasaran. Nggak muter-muter dengan menggunakan istilah-istilah teknis yang membingungkan.

Seperti ketika menjelaskan bagaimana pasangan suami istri mendapatkan anak.

Sebelumnya disebutkan dulu bahwa hanya pasangan suami istri yang telah diikat dalam perkawinan yang boleh melakukan hubungan seksual.

“Ketika melakukan hubungan seksual, alat kelamin laki-laki yang disebut penis masuk ke dalam alat kelamin perempuan yaitu vagina.” - (hal 51)

Saya juga baru tahu, ternyata memang cara menjelaskan hal-hal yang berhubungan seksualitas sebaiknya dijelaskan dengan to the point saja. Biar anak mudah memahami.

Karena kalau muter-muter, malah jadi blunder sendiri.

layout buku ensexclopedia
Layout buku Ensexclopedia


Poin lain yang membuat buku ini sangat saya rekomendasikan ada di rak buku setiap keluarga adalah karena penjelasannya cukup selaras dengan konsep agama Islam.

Bunda Elly, sangat berhati-hati dan menekankan bahwa setiap penjelasannya selaras dengan penjelasan Al Quran dan hadis.

Seperti penjelasan dalam bab pacaran ketika menjawab pertanyaan boleh nggak pacaran? Umur berapa boleh pacaran? Bagaimana cara mengenal pasangan kalau tidak pacaran?

“Kalau yang dimaksud dengan pacaran seperti yang kita uraikan tadi, sebaiknya nggak deh. Karena orang yang pacaran biasanya ingin selalu dekat atau dekat-dekatan. Tentu aja hal ini akan menimbulkan kerja hormon-hormon seks dalam otak dan tubuhmu menjadi lebih aktif. Akibatnya, orang yang pacaran mungkin banget melakukan hal-hal yang nggak dibolehkan. “ - hal 79

Penjelasan seperti ini membantu anak-anak memahami mengapa sesuatu itu dilarang. Toh nanti juga ada waktunya.

Selama tubuh masih belum siap untuk melaksanakan fungsi reproduksi dengan optimal, saatnya anak-anak fokus untuk mempersiapkan masa depannya. Bukan malah membuang-buang waktu untuk hal-hal yang terlalu beresiko.

Apa saja yang dijelaskan dalam buku Ensexclopedia?

Menurut saya, 10 bab dalam buku ini cukup runtut dan jelas. Berikut urutan bab dan beberapa contoh pertanyaan yang ada dalam bab tersebut.

Bab 1: Mengenai pubertas

Mengapa laki-laki dewasa punya jakun?
Apa normal kalau payudaraku besar sebelah?
Kita harus bagaimana kalau sudah puber?

Bab 2: Mengenai organ reproduksi

Apa sih gunanya alat reproduksi?
Mengapa alat kelamin laki-laki harus disunat?
Apa artinya impotensi?

Bab 3: Mengenai mimpi basah

Waktu mimpi basah, apa yang kita impikan?
Apa yang harus kita lakukan kalau mengalami mimpi basah?

Bab 4: Mengenai menstruasi

Bagaimana caranya mengatasi kecenderungan untuk marah dan emosi?
Apa itu pembalut? (termasuk cara pakainya)
Kalau sudah menstruasi boleh nggak dicolek cowok?

Bab 5: Mengenai proses reproduksi

Bagaimana bayi bisa lahir dari lubang vagina yang kecil?
Aborsi itu apa?

Bab 6: Mengenai kesehatan dan kebersihan tubuh

Kenapa jerawat di wajahku bisa banyak banget?
Mengapa keputihan bisa berwarna kuning, bahkan hijau?

Bab 7: Mengenai pacaran

Bolehkah pacaran?
Cinta itu apa?

Bab 8: Mengenai seks, seksualitas, dan perilaku seksual

Mengapa seks hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah menikah saja?
Masturbasi itu apa?
Seks oral itu apa?

isi buku ensexclopedia
Kondom dibahas dalam bab tersendiri

Bab 9: Mengenai kondom

Apa gunanya kondom?
Kondom yang ada rasanya itu gunanya untuk apa?

Bab 10: Mengenai penyakit menular seksual

Apakah kita bisa tertular AIDS karena menatap mata orang yang terkena AIDS?
Apa saja penyakit seksual selain AIDS?


Nah kebayangkan, kayanya semua pertanyaan anak-anak akan terjawab dalam buku ini.

Sebagai orang tua, kita juga jadi punya bahan yang terpercaya untuk menjelaskan kepada orang lain tanpa perlu bingung.

Saya sendiri tidak memaksa anak-anak untuk membaca buku ini. Saya hanya menceritakan sekilas isi buku ini ke anak-anak dan meletakkannya di tempat yang mudah mereka baca.

“Kalau butuh, nanti baca sendiri aja. Kalau ada yang kurang jelas, nanti tanya Mama ya,” pesan saya.

Tidak perlu waktu lama, Raka semangat banget dan bacanya. Padahal dia itu sebenarnya sulit untuk disuruh membaca buku.

Mungkin karena memang memiliki rasa ingin tahu terhadap topik tersebut, layout buku, ilustrasi yang lucu, pemilihan kertasnya juga mendukung buku ini betah di tangan anak-anak.

Tidak menyangka juga, ternyata Sasya yang umurnya 9 tahun, tertarik untuk membaca buku ini dengan serius.

Buat saya, kalau soal seksualitas, anak-anak perlu mengetahuinya sejak dini. Jangan sampai, anak-anak kita melakukan kesalahan bodoh seperti yang dilakukan Bima dan Dara dalam film Dua Garis Biru.

Di mana bisa membeli buku Ensexclopedia?

Emang ini juga yang agak PR. Karena saya sendiri mendapatkannya sebagai hadiah dari Yayasan Kita dan Buah Hati (YKBH).

Buku yang di tangan saya adalah cetakan ke-11 pada April 2016. Bukunya tidak terlihat masuk di toko buku umum dan saya tidak lihat juga iklannya di sosial media YKBH. Sepertinya YKBH ini memang kurang aktif meng-update sosial medianya.

Bisa jadi karena bukunya tidak dicetak ulang lagi.

Tapi teman-teman bisa mencoba untuk menjapri sosial media YKBH untuk menanyakan buku ini. Saya sempat lihat juga ada yang menawarkan di market place online dengan beragam harga.

Akhir kata, walau kita sudah punya buku super lengkap, menurut saya tetap yang utama adalah bagaimana komunikasi kita dengan anak-anak.

Sebagai orang tua, kita selalu perlu melatih diri agar anak-anak bisa nyaman dan terbuka dengan kita mengenai masalah seksualitas. Jangan sampai malah lebih percaya dan nyaman dengan penjelasan dari orang lain yang mungkin saja salah.

Teman-teman sendiri punya rekomendasi buku apa untuk menjawab pertanyaan seputar seksualitas? Jangan ragu berbagi di kolom komen ya.

Terima kasih buat yang sudah mau mampir. 

data buku ensexclopedia
Data buku Ensexclopedia


You Might Also Like

2 comments

  1. Bukuku yang ini kemana yaa..?
    Hehhe...dulu banget beli buku Ensexclopedia pas anak-anak masih kecil, dan memang menarik.
    Kertas serta lay-outnya gak membosankan seperti buku parenting mama yang lainnya.

    Semoga YKBH menerbitkan bukunya di penerbit buku mayor dan ilmu Bu Elly makin membawa keberkahan.

    ReplyDelete
  2. Bukunya bagus ya teh, jadi pengen cari..

    Huaa yg pny anak da remaja pasti deg deg an ya..

    Buat menjelaskan masalah ini

    ReplyDelete

Follow Me on Facebook

Follow Me on Twitter

Contact Me

Name

Email *

Message *