KISAH KLASIK KOMIK LEGENDARIS ASTERIX: SANG PENGHASUT

November 08, 2018

Komik Petualangan Asterix Sang Penghasut


Dari 15 koleksi komik Asterix yang telah telah saya beli sejak zaman SD, Sang Penghasut adalah favorit saya. Ceritanya asli bikin ngakak parah dan unik. 

Kalau dalam seri yang lain, standar masalah Asterix adalah keributan dengan orang Romawi, dalam seri yang ini dibahas bagaimana peran Sang Penghasut membuat teman-teman Asterix sibuk cakar-cakaran sendiri. Ehm… ngerasa familiar nggak kondisi ini?

Eh tapi sebelumnya mari kita kenalan lagi sama tokoh komik kecil berkumis ini.

Kisah Petualangan Asterix

Asterix adalah tokoh dalam komik Prancis yang naskahnya ditulis oleh Rene Goscinny dan digambar oleh Albert Uderzo. 

Asterix pertama kali diterbitkan pada 29 Oktober 1959 dalam sebuah majalah. Komik pertama Asterix Prajurit Galia terbit  pada tahun 1961.  Uderzo melanjutkan komik ini setelah Goscinny meninggal tahun 1977. 


Hingga tahun 2017 telah terbit 37 judul. 30 diantaranya telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, dan saya baru punya setengahnya. Sssttt, zaman dulu saya belinya waktu harganya masih Rp 3.500 rupiah sajah.

Komik ini sudah diterjemahkan ke dalam 111 bahasa. Dan laku sebanyak 370 juta eksemplar di seluruh dunia. 

Komik Petualangan Asterix Sang Penghasut
Desa Galia

Setting cerita dibuat di tahun 50 SM yang terletak di sebuah desa di tepi pantai Armorik. Desa Galia tempat Asterix dan teman-temannya berdiam ini unik karena walau terletak di daerah kekuasaan Julius Ceasar, mereka tidak pernah terkalahkan oleh tentara Romawi karena memiliki ramuan super.

Plot cerita sebenarnya relatif berulang, namun humor permainan kata selalu mampu membuat para pembaca tergelak-gelak ketagihan baca komik ini. 

Untuk hal ini, kita perlu angkat topi kepada Ibu Maria Antonia Rahartati Bambang yang menerjemahkan dengan sangat sempurna. Eh, tahu nggak kalau karena menerjemahkan komik ini, si Ibu mendapat gelar sebagai penerjemah termahal di Indonesia karena dibayar per HURUF. Bukan per kata. Kisah lengkapnya bisa dibaca di sini

Komik Sang Penghasut berkisah tentang apa?

Jadi semua sudah kenal Asterix kan sekarang. Nah di komik ke-15 ini Sang Penghasut, ceritanya Kaisar Julius Ceasar mulai ditekan oleh para senator mengenai desa Galia kecil yang masih juga belum bisa dikuasai. 

Komik Petualangan Asterix Sang Penghasut
Jadi begini ide awalnya.

Mereka tahu kalau bangsa Galia tidak bisa disogok harta benda dan sangat kuat karena bersatu.

Dari situ muncullah ide untuk mengirimkan seorang Penghasut yang sangat berbakat bernama Akalbusyukus untuk menebar virus kebencian di desa Galia. 

Kalau bangsa Galia sudah cakar-cakaran, persatuan mereka akan lemah dan itulah saat terbaik bagi bangsa Romawi untuk memerangi mereka. 

Rencana yang brilian kan?

Terus rencananya sukses nggak?

Komik Petualangan Asterix Sang Penghasut
Tebar fitnah di sana sini.

Sukses dong! Hanya dengan menebar sedikit taburan fitnah di sana-sini, cakar-cakaranlah Cebong dan Kampret eh Asterix dan teman-temannya. 

Asli bagian yang ini bikin ngakak banget. Bagaimana Asterix, Obelix akhirnya bisa marahan juga. Walau tidak lama-lama.

Komik Petualangan Asterix Sang Penghasut
Begitulah kalau memang sobat. Marahannya cuma kepisah beberapa frame.

Dari kisah ini, kita jadi belajar betapa mudahnya orang di adu domba. Ini adalah sebuah kisah klasik yang banyak terjadi dimana-mana. Entah itu dalam sebuah negara, sebuah perusahaan, sebuah komunitas, atau bahkan dalam sebuah keluarga. 

Sedih memang. Tapi begitulah kenyataannya.

Jadi bagaimana dong caranya biar tidak mudah diadu domba orang lain? 

Dalam komik ini ada Dukun Panoramix dan Asterix yang tetap bisa berpikir positif dan berwawasan luas. Walau sempat jadi korban fitnah, mereka tetap berkepala dingin menyikapi suasana yang memanas.

Yup, itulah yang kita perlukan agar tidak mudah dibohongi orang lain. 

  • Tetap lah berpikir rasional. 
  • Cek & Ricek data yang kita terima. 
  • Jangan mudah ngemil hoax yang memang sengaja disebar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab untuk tujuan menghancurkan kita semua.

Komik Petualangan Asterix Sang Penghasut
Pembalasan untuk Sang Penghasut

Kisah ditutup dengan sebuah akhir yang manis. Panoramix malah berterima kasih kepada Akalbusyukus karena sudah membantu Desa Galia mengalahkan tentara Romawi yang berusaha menyerang mereka. Selamat deh si Akalbusyukus kembali dimasukkan ke penjara oleh tentara Julius Ceasar. Misi Gagal!


Data Komik

Judul: Kisah Petualangan Asterix: Sang Penghasut
Penulis: Goscinny & Uderzo
Penerbit: Pustaka Sinar Harapan, 1990 (dalam bahasa asli terbit tahun 1970)
Halaman: 48 hal

Komik Petualangan Asterix Sang Penghasut
Para tokoh utama Asterix. Kamu paling suka siapa?


#ODOPNovemberChallenge
#kamisfiksi
600 kata - 1,5 jam

You Might Also Like

0 comments

Follow Me on Facebook

Follow Me on Twitter

Contact Me

Name

Email *

Message *